Baru-baru ini tercatat kurang lebih 21.286 spesies hewan di dunia sudah terancam punah. Dan sebagian darinya adalah spesies-spesies burung dari beberapa belahan dunia, tidak terkecuali Indonesia. Ada diantaranya yang masih hidup bebas di alam liar serta ada juga yang sudah dilindungi.

Berikut Burung-Burung paling langka di Dunia:

  • Burung Cryptic Treehunter

Burung yang mempunyai nama latin Cichlocolaptes mazarbarnetti ini adalah burung yang menjadi penghuni asal daratan Brazil.

Burung ini hanya bisa dijumpai di hutan darah barat daya Brazil. Wilayah ini tercatat merupakan daerag yang paling tinggi mengalami deforestasi.

Burung cryptic treehunter mempunyai kemiripan dengan Alagoas foliage-gleaner yang menjadikan burung ini sebagai spesies baru pada tahun 2014.

Oleh sebab itu, data yang tercatat tentang spesies burung ini masih sedikit. Akan tetapi burung ini sudah mengalami kepunahan terlebih dahulu.

Penelitian mengenai burung inipun belum sempat dikembangkan mengingat kemunculannya terakhir pada Bulan April 2007.

  • Burung Alagaos Foliage Gleaner

Burung Paling Langka di dunia berikutnya adalah alagous foliage gleaner. Burung yang bernamakan ilmiah Philydor novaesi juga burung yang merupakan penduduk asli daratan Brazil.

Burung ini dinyatakan punah dalam 1 dekade terakhir ini. Burung alagaos foliage gleaner hanya bisa ditemukan di daerah Alagaos dan Pernambuco yang ada di barat daya Negara Brazil.

Berkurangnya spesies burung alagaos foliage gleaner merupakan akibat dari konversi hutan berlebihan, yakni untuk pembukaan lahan tebu serta adanya illegal logging.

Burung jenis ini terakhir kali dijumpai tahun 2011, yang kemudian saat ini sudah dinyatakan punah sejak tahun 2014.

  • Burung Poouli

Burung Paling Langka di dunia berikutnya adalah Burung Poouli.Burung poouli merupakan burung yang habitat aslinya di Maui, Pulau Hawai.

Burung dengan nama latin Melamprosops phaesoma ini, pada tahun 1973 jumlahnya kurang lebih 100 sampai 200 spesies yang hidup. Kemudian terjadi penurunan drastic pada tahan 1995, karena hanya dijumpai sebanyak tiga spesies saja.

Sampai sekarang, spesies burung ini tidak bisa dijumpai sejak penangkapan pada tahun 2004. Sehingga burung ini dinyatakan termasuk burung terlangka di dunia.

Menurunnya populasi burung ini merupakan akibat dari rusaknya habitat asli dan menyebarnya nyamuk penular penyakit. Selain itu, juga disebabkan habisnya sumber makanan burung karena disabotase oleh tikus dan siput.

  • Burung Trulek Jawa

Burung berikutnya adalah burung Trulek Jawa. Burung dengan nama latin Vanellus macropterus adalah burung spesies asli Pulau Jawa. Burung ini kerap ditemukan di lingkungan berair, misalnya sungai, danau dan rawa.

Burung ini merupakan endemic padang rumput yang terbuka di sepanjang pantai sebelah utara di Jawa Barat serta pantai di daerah selatan di Jawa Timur.

Biasanya, burung ini dijumpai di daerah Lamongan, Lumajang yang lebih dikenal oleh masyarakat sekitar dengan nama burung pruwok, burung kruwok atau burung plirik.

Burung ini terakhir kali dijumpai tahun 1940. Karena sangat jarang ditemukan, sehingga burung ini tidak memiliki bukti fotografi  bahkan specimen barupun tidak ada. Itulah daftar Burung Paling Langka di Dunia saat ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here